Tuesday, June 1, 2010

MENGATASI PLAGIARISME

Mengatasi Plagiarisme

Plagiat merupakan perbuatan seseorang yang mengakui karya milik orang lain sebagai karyanya sendiri. Kasus plagiarisme sering sekali terjadi tidak hanya dikalangan mahasiswa tetapi juga dikalangan dosen.

Plagiarisme sering terjadi disebabkan karena banyaknya orang atau kalangan yang berkepentingan tidak ingin dipersulit dengan penelitian, sehingga mereka melakukan plagiarisme.plagiarisme juga dapat terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja.

Untuk mencegah hal tersebut yaitu tiap perguruan tinggi atau pihak berkepentingan selalu memiliki filter yang baik,dan tim penilai yang handal,kompeten,ber-integritas,dan berdedikasi. Tim penilai juga harus mempunyai akses yang banyak sehingga tau banyak sumber.

Banyaknya masyarakat yang masih “malas” untuk memebuat suatu karya ilmiah juga merupakan faktor penyebab maraknya plagiarisme.di Negara kita ini batasan tentang plagiatpun belum jelas,sanksi yang diberikan pun tidak terlalu ringan,padahal dinegara-negara berkembang jika hal seperti plagiat terjadi akan dihukum seberat-beratnya,makanya plagiatornya juga sangat sedikit yang berani melakukan plagiat.

No comments:

Post a Comment